Demonstrasi Kontekstual Pemikiran Filosofis Ki Hadjar Dewantara dalam Karya
Durasi: 2 JP (90 menit)
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mendesain strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD - 'Pendidikan yang Berpihak pada Murid' - sesuai dengan Konteks Diri Murid dan Sosial Budaya di daerah asal (karya demonstrasi kontekstual dalam video, atau infografis atau puisi atau lagu, dll),
Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)
Anda mendesain sebuah strategi dalam mewujudkan pemikiran
KHD - ‘Pendidikan yang Berpihak
pada Murid’ - dalam sebuah karya (video pendek, komik, lagu, puisi, dll) dan mempublikasikan sebagai wujud pemahaman, pemaknaan dan penghayatan yang Anda praktikkan dari pemikiran filosofis Ki
Hadjar Dewantara. Karya Anda menjadi
sebuah demonstrasi kontekstual bagaimana pemikiran Ki Hadjar Dewantara dikembangkan dan diterapkan di kelas dan sekolah
asal Anda.
Instruksi penugasan
Pengantar
Metafora atau perlambang menjadi salah satu cara yang efektif untuk memahami sebuah konsep yang rumit. Filosofi KHD mengenai asas Tri-Kon dapat dilambangkan sebagai sistem tata surya, di mana murid digambarkan sebagai planet yang mengorbit pada matahari (simbol nilai kemanusiaan) dalam garisnya masing-masing. Setiap planet berevolusi dengan kecepatan yang berbeda-beda, namun tak pernah berhenti bergerak (Syahril, 2018).
Selain metafora, cara lain untuk mengabadikan pemahaman dan
pengalaman belajar kita adalah dengan
karya seni. Jadi, mengapa kita tidak menciptakan sesuatu yang menarik
mengenai filosofi pendidikan KHD? Membuat lagu, puisi, gambar,
poster metafora, atau karya apapun tentu akan menyenangkan.
Penugasan
a) Buatlah
satu karya (karikatur, infografis, video pendek, komik, lagu, puisi, dll) untuk menggambarkan pemikiran filosofis
KHD sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman baru yang Anda peroleh.
b) Karya
itu merupakan sebuah perumpamaan yang Anda gunakan sebagai wujud kontekstual pemahaman Anda
terhadap pemikiran-pemikiran KHD.
Aspek |
Kriteria Penilaian |
Skala |
|||
1 (kurang) |
2 (cukup) |
3 (baik) |
4 (sangat baik) |
||
ISI |
1. memaparkan penerapan ide/gagasan sesuai dengan pemikiran KHD |
ISI
yang disampaikan memenuhi 1 dari 4 kriteria |
ISI
yang disampaikan memenuhi 2 dari 4 kriteria |
ISI
yang disampaikan memenuhi 3 dari 4 kriteria |
ISI
yang disampaikan memenuhi 4 dari 4 kriteria |
2. menyampaikan alasan yang kontekstual mengenai penerapan ide/gagasan sesuai
dengan pemikiran KHD |
|||||
3. mendemonstrasi kan hasil penerapan ide/gagasan terkait pemikiran KHD secara kontekstual |
|||||
4. menyampaikan tantangan dan solusi
penerapan pemikiran KHD sesuai dengan konteks kelas dan sekolah |
|||||
Penyampa ian
Materi |
1. menggunakan kaidah Bahasa Indonesia yang tepat
(SPOK) |
Penyampaian Materi yang disampaikan memenuhi 1 dari 4 kriteria |
Penyampaian Materi yang disampaikan memenuhi 2 dari 4 kriteria |
Penyampaian Materi yang disampaikan memenuhi 3 dari 4 kriteria |
Penyampaian Materi yang disampaikan memenuhi 4 dari 4 kriteria |
2. menyampaikan pesan secara terstruktur dan |
|
sistematis (alur materi mudah dipahami) |
|
|
|
|
3. menggunakan pendukung visual
dalam presentasi sebagai penguat pemaparan pemahaman |
|||||
4. mendemonstras ikan diri CGP secara
lugas dan kontekstual |
|||||
Komentar: |