Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Demonstrasi Kontekstual Pemikiran Filosofis Ki Hadjar Dewantara dalam Karya

 

 

Demonstrasi Kontekstual Pemikiran Filosofis Ki Hadjar Dewantara dalam Karya

Durasi: 2 JP (90 menit)

Moda: Mandiri

Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mendesain strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD - 'Pendidikan yang Berpihak pada Murid' - sesuai dengan Konteks Diri Murid dan Sosial Budaya di daerah asal (karya demonstrasi kontekstual dalam video, atau infografis atau puisi atau lagu, dll),

Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)

Anda mendesain sebuah strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD - ‘Pendidikan yang Berpihak pada Murid’ - dalam sebuah karya (video pendek, komik, lagu, puisi, dll) dan mempublikasikan sebagai wujud pemahaman, pemaknaan dan penghayatan yang Anda praktikkan dari pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara. Karya Anda menjadi sebuah demonstrasi kontekstual bagaimana pemikiran Ki Hadjar Dewantara dikembangkan dan diterapkan di kelas dan sekolah asal Anda.


Instruksi penugasan 

Pengantar


Metafora atau perlambang menjadi salah satu cara yang efektif untuk memahami sebuah konsep yang rumit. Filosofi KHD mengenai asas Tri-Kon dapat dilambangkan sebagai sistem tata surya, di mana murid digambarkan sebagai planet yang mengorbit pada matahari (simbol nilai kemanusiaan) dalam garisnya masing-masing. Setiap planet berevolusi dengan kecepatan yang berbeda-beda, namun tak pernah berhenti bergerak (Syahril, 2018).

 

Selain metafora, cara lain untuk mengabadikan pemahaman dan pengalaman belajar kita adalah dengan karya seni. Jadi, mengapa kita tidak menciptakan sesuatu yang menarik mengenai filosofi pendidikan KHD? Membuat lagu, puisi, gambar, poster metafora, atau karya apapun tentu akan menyenangkan.


Penugasan

a)     Buatlah satu karya (karikatur, infografis, video pendek, komik, lagu, puisi, dll) untuk menggambarkan pemikiran filosofis KHD sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman baru yang Anda peroleh.

b)     Karya itu merupakan sebuah perumpamaan yang Anda gunakan sebagai wujud kontekstual pemahaman Anda terhadap pemikiran-pemikiran KHD.

 



Aspek

Kriteria Penilaian

Skala

1

(kurang)

2

(cukup)

3

(baik)

4

(sangat baik)

ISI

1. memaparkan penerapan ide/gagasan sesuai dengan pemikiran KHD

ISI yang disampaikan memenuhi 1

dari 4 kriteria

ISI yang disampaikan memenuhi 2

dari 4 kriteria

ISI yang disampaikan memenuhi 3

dari 4 kriteria

ISI yang disampaikan memenuhi 4

dari 4 kriteria

2. menyampaikan alasan yang kontekstual mengenai penerapan ide/gagasan sesuai dengan pemikiran KHD

3. mendemonstrasi kan hasil penerapan ide/gagasan terkait pemikiran KHD secara kontekstual

4. menyampaikan tantangan dan solusi penerapan pemikiran KHD sesuai dengan konteks kelas dan sekolah

Penyampa ian Materi

1. menggunakan kaidah Bahasa Indonesia yang tepat (SPOK)

Penyampaian Materi yang disampaikan memenuhi 1

dari 4 kriteria

Penyampaian Materi yang disampaikan memenuhi 2

dari 4 kriteria

Penyampaian Materi yang disampaikan memenuhi 3

dari 4 kriteria

Penyampaian Materi yang disampaikan memenuhi 4

dari 4 kriteria

2. menyampaikan pesan secara terstruktur dan


 

 

 

sistematis (alur materi mudah dipahami)

 

 

 

 

3. menggunakan pendukung visual dalam presentasi sebagai penguat pemaparan pemahaman

4. mendemonstras ikan diri CGP secara lugas dan kontekstual

Komentar: